Pilihan hati

Published, Minggu, 31 Mei 2020, ceritanyakem.

Langit malam terlihat begitu jauh. Hanya terdengar sayuan-sayuan binatang kecil memenuhi telinga. Memandangi titik-titik cahaya bertebaran mengudara. Diujung jauh mengingat tentang dimana kita masih bersama. Menggenggam semua hara yang ada didekapmu. Melihat wajah berserimu yang anggun. Peluk hangatmu kala itu membuat rasa nyaman yang sangat dalam. Namun aku sadar prioritasmu bukan untuk diriku. Dingin kembali menyelimuti kala hati berbisik dia bukan untukmu. Hanya saja kamu bertahan untuk orang yang tak tepat.
Sudah… Kamu perlu untuk sembuh, sembuh untuk masa lalumu. Biarkan menjadi temanmu disaat sendiri. Kamu tak perlu untuk melupakannya. Bagaimanapun sudah menjadi bagianmu meskipun hanya sementara. Menceritakan tentang malam denganmu. Malam selalu sama tentang gelap, hening dan waktu yang tepat.
Kabar sepucuk surat pun sudah tak ku dapat darimu. Lewat angin ku titipkan kata. Doaku semoga kata itu sampai ke telinga mu. Bahkan menusuk kedalam hati kecilmu. Dan tolong sampaikan padanya masih ada rasa yang tertinggal.

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

Bahagiamu hanya bayang-bayang semu

Hanya karena terjebak ucapan manis “sayang aku janji kok akan nikahin kamu, sabar ya” yang sekilas terdengar menggugah hati tapi sebenarnya akan melukai diri sendiri.
Belum sampai pada yang di inginkan (nikah/lamaran). Kadang ada yang sudah menghilang atau “ghosting”. Itu semua kata refleks dari mulut belum sepenuhnya. Hanya karena ingin menenangkan perasaanmu. Seakan yang di bilang sudah meyakinkan.
Tapi terlalu buru-buru, langsung di masukkan dalam perasaan dan berharap sepenuhnya. Tanpa meninggalkan rasa harap yang diberikan. 100% penuh sudah untuk berharap. Mungkin lupa 2% kecewa sudah membuatnya runtuh.
Kecewa pun sudah terjadi, untuk membuka perasaan untuk yang lain sudah tidak ada ruang percaya. Membuat pikirannya “semua laki-laki sama saja”. Brengsek.

Bukan, bukan begitu itu salah. Sebenarnya gak seperti itu. Yang salah aku, terlalu bodoh untuk berharap.
Biarkan kesedihan ini dapat tempat, biarkan hati ini terbuka untuk orang lain yang bisa mengerti baik buruknya diriku. Yang sudah banyak di sia-siakan sama orang yang dulunya paling di depan untuk mendapatkan perasaanku. Tidak ada yang munafik, karena semua itu hanya ego yang sedetik membuat menjadi berantakan. Gak ada yang menyalahkan kamu apalagi masa lalu yang sudah terlanjur.

Wonogiri, 20 April 2020.

Harap dan sesal

Published, Senin 30 Desember 2019, Aliifkmp

Maaf, mungkin di tahun duaribu sembilan belas ini bagimu sangat berat. Ada harap yang tak pernah nyata ataupun dia yang tak benar-benar pernah singgah. Tapi sadarilah semua yang kita inginkan memang tak harus di genggam. Pahamilah dirimu sendiri terlebih dahulu. Lepaskan semua yang menjadi bebanmu biarkan langkah selanjutnya terasa ringan. Kita perlu belajar untuk berjuang dan arti untuk merelakan ataupun mengikhlaskan.
Rasa tak semua akan menjadi pahit. Semua jalan tak ada yang lurus. Semua orang tak ada yang baik. Semua hati tak ada yang sempurna, tapi bagaimana kita dapat untuk mencapai kesempurnaan itu. Pelan-pelan saja tak ada yang harus di kejar dan gak ada yang harus dikalahkan.
Terasa lelah mungkin iya. Semua akan mencapai di titik itu. Apalagi penyesalan akan menguras pikiranmu sekali. Tak perlu untuk khawatir masih akan ada yang mengandengmu menuntunmu untuk berjalan. Dan untuk yang masih bermain-main cepat lah usai. Biarkan mendapatkan tempat rumah yang selayaknya menjadi nyaman. Kasihi dirimu sendiri, jangan biarkan dirimu untuk tempat berkelana dan hanya menjadikan patah yang tak kunjung usai.

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

Stuck in one person

Published, Minggu 29 Desember 2019, Aliifkmp

Stuck in one person? Mungkin ada yang mengalami atau lagi merasakan seperti itu. Merasakan saat dimana seperti sudah menemukan the only one. Lalu yakin sepenuh hati bahwa memang dia lah orangnya. Menunggu dan membiarkan rasa dan waktu yang membuktikan kalo semua akan bisa bersama. Bucin banget dah, tapi ya mau gimana lagi.
Tuhan memberikan nikmat ke kita gak dari satu pintu. Kita gak bisa menutup mata bahwa hanya dia lah orang yang sudah tepat. Kalo stuck in one personnya udah lama terus gimana? Mulailah untuk move on, apalagi kalo yang berjuang hanya dari satu sisi. Memang untuk melupakan bukan ahlinya. Melupakan pun gak akan berarti apa-apa bila tak diiringi dengan merelakan dan mengikhlaskan. Well, iya rasa nyaman emang gak bisa ditemukan di orang yang sama mungkin rasa abcdefhkijk juga tidak mungkin sama. Tapi pernah gak kita berhenti sebentar jadi orang yang tahu segalanya bahwa dia orang yang terbaik. 
Suka sama orang itu boleh tapi ya jangan digantungin harapanmu 100% untuk dia. Sisain juga untuk dirimu 30% untuk menelan pahitnya. 40% boleh dipakai untuk berdoa dan untuk si harapan kasih 30% lagi. Jodohmu kalo dia ga mungkin akan kemana. Namun jangan pernab menutup atau menghalangi untuk mengenal dan di kenal oleh orang lain.

Cuplikan cerita hujanmimpi

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

.

Untukmu, rindu yang dituju

Published, Rabu 13 November 2019, Aliifkmp


Terasa dingin setelah hujan membasahi bumi. Rasa pelukan terasa erat, genggaman tangan pun semakin kuat. Rindu yang semakin melekat rasa temu pun semakin pekat. Tolong… Bantu aku, jangan lepaskan semua rasa peluk dan genggaman itu. Akan hadirnya selalu membuat terasa nyaman. Rasa yang tumbuh, jiwa yang luluh, hati yang bersimba keluh. Tiada malam yang hilang begitu saja untuk melewatkan sepenggal kalimat. “Selamat istirahat sayang.” Malam yang panjang menuju pagi yang terang. Menjadikan sebuah ingatan bagaimana bisa berpikir sebuah cermin yang selalu ku pandangi begitu cantik. Raut wajah yang polos tanpa makeup, tanpa alis berpensil oohh pemandangan yang begitu indah pagi ini. Setelah jalan yang panjang, rasa bersabar telah tergantikan. Ternyata cermin itu gadis kecil mungil yang selama ini menjadi jalan yang panjang. Tak terasa untuk mengenal pun mustahil tapi Tuhan berkendak lain semesta selalu bersama. Kita selalu dipertemukan. Hari-hari semakin panjang untuk bersama. Bercerita kenangan, harapan dan impian. Menemukanmu mungkin hal yang begitu tepat. Setelahnya segala sesuatu tak akan pernah dilalui sendiri. Untukmu, menjadi alasan untuk bahagia.

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

Doa dalam rasa

Published, Selasa 12 November 2019, Aliifkmp


Berapa lama kamu tak mengirim pesan dengannya? Bukannya dia menunggu kabar darimu. Sudah lama dia merindukan ucapan-ucapan yang membuatnya tersenyum sendiri. Jangan samakan dengan dirimu. Dia terlalu rapuh untuk menunggu pesan singkat darimu. Kau pikir dia akan baik-baik saja? Dia bukan kamu yang selalu tidak pernah peduli tentang di sekitarmu. Bagaimana dia yakin kalo dirimu benar-benar menginginkannya. Untuk serius pun sama sekali tak terlihat. Tolong yakinkan hatinya. Ragu? Disaat semua terasa terbiasa akan hadirnya tiba-tiba bayangan ragu itu menghampirinya.
“Hay sayang, mengapa kau begitu cemas?
Tak usah menjadi sesuatu yang bukan dirimu.”
“Ya gue tau tentang diriku sendiri dan gue juga tau apa yang harus gue lakukan, tapi bukan berarti harus merubah apa yang selama ini gue jalanin yang sudah terbentuk dengan diri gue sendiri untuk orang lain.”
“Apa harus gue menjadi orang yang berlagak bodoh?” yang ada gue cuman diketawain.
“Untuk berbaik kepada orang lain? Pasti, itu yang selama gue jalanin.”
Bukan tentang berpura-pura kamu akan baik-baik saja. Semua punya cara dan jalannya sendiri. Ingin terlihat manis tapi hanya bicara tentang bukis. Hati dan pikiran selalu sejalan. Apa yang ditetapkan dia akan yang bertahan. Untuk bahagia denganmu, yang akan selalu ku panjatkan dalam setiap doa yang ku lantunkan. Selalu ku kirim pesan “Tuhan tolong sampaikan doaku kepadanya, sang pemilik hati ini. Tolong bukakan hatinya untuk jalan doa yang selalu ku langitkan, namanya yang selalu ku sebut didalamnya.

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

Sebab setelah sesal

Published, Minggu 10 November 2019, Aliifkmp

Segala sesal tak perlu harus dengan kekecewaan. Kata maaf yang terucap selalu ada makna untuk kesalahan. Tidak ada yang saling salah menyalahkan, yang ada hanyalah saling memaafkan untuk rasa salah. Biarkan rasa yang tumbuh mendapat tempat selayaknya. Sebab yang menunggu pun tak pasti mendapatkannya. Bukan yang selalu ada tak mendapat tempat tapi tentang siapa yang layak mendapat tempat. Bagaimana bisa seseorang dengan lancangnya bersua “aku tidak akan pergi meninggalkan mu sendirian.” Tapi dengan bangganya dia menghilang begitu saja meninggalkan luka yang teramat perih. Seperti lara yang lama tertanam lalu di beri pupuk berkembang dengan subur lalu dengan tiba-tiba dilenyapkan begitu saja. Sungguh untuk saat ini biarkan sendiri terlebih dulu. Setidaknya sampai menemukan yang mampu membalikan keadaannya pulih seperti sedia kala. Mesti bukan orang yang dia inginkan, tapi mampu memberi warna baru dalam dirinya. Segala bentuk bayangan semu pun terabaikan. Selayaknya untuk berpura-pura pun tak terlihat yang ada hanyalah mampu untuk menutupi lara yang pernah didapatkan. Tetep bersama walau semua tak dapat dimengerti.

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

Harapan kecil

Published, Jumat 8 November 2019, Aliifkmp

Pagi ini ada yang beda, bangun lebih pagi. Rasanya tidur baru pukul 4 tapi terasa tidur semalaman penuh. Ketika mengingat malam yang lama kupikir akan lebih baik. Sebelum ke kamar mandi cuci muka menyeduh secangkir kopi. Duduk di emperan balkon memandangi langit pagi yang berkabut. Tepatnya bukan kabut tapi seperti udara yang tercemar. Sambil tertawa, menertawakam diri sendiri. Hari semakin bertambah, usia semakin menua tapi masih begini saja. Masih terjebak situasi yang sama. Bahkan setiap hari aktivasnya sama tidak jauh dari bangun kesiangan sampe kantor sudah telat. Melihat tumpukan kertas yang harus diselesaikan. Dikejar, kejar, kejar deadline kuping terasa panas setiap ocehan yang terdengar. Seharian penuh memandangi layar komputer. Bukan, bukan itu seharusnya. Bukan disini tempat gue. Bukan di ruangan ber ac tertutup duduk didepan komputer. Ini bukan gue banget.
“Kenapa sih lu selalu ngeluh tentang kerjaan mulu? ” pertanyaan yang konyol.
“Diluaran sana masih banyak yang butuh seperti diri lu. Masih enak lu di tempat yang dingin ber ac, coba lu pikir yang di jalanan? Mikir lu pake otak.” masih terdengar seperti ocehan.
Semua seperti dalam musuh. Seakan menghakimi seorang dalam karung lalu di gebukin tanpa ada yang tau permasalahan.

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

Pesan mama untuk kakak

Published, Senin 14 Oktober 2019, Aliifkmp

Sayangnya seorang ibu ke anaknya tak sebanding kita menyayanginya. Kekhawatiran seorang ibu ke anaknya tak seburuk apa yang kita pikirkan. Ada ibu yang bilang pada anaknya “Kak, kalau bisa cari laki-laki yang lebih cinta kamu daripada kamu cinta dia.” | “Hah?”| “Iya.” | “Gimana caranya? Gak bahagia dong? Kan akunya gak cinta?” “Ibu gak memaksa kamu jatuh cinta, tapi ibu tau apa yang harus kamu lakuin kak.” tambahnya.
Masa iya tanpa ada rasa cinta bisa bahagia? Nyatanya ada, kenapa? Karena semua telah terbiasa. Ibunya menjawab.
“Kalau dia cinta pasti perlakuin kamu dengan baik dan kamu lama-lama luluh dan bahagia juga. Rumah tangga udah pasti berat. Kebayang gak nikah sama yang nyepelein kita? Gak peduliin pendapat kita? Suka genit? Apalagi selingkuh?
Misal kamu minta tolong gendong anak kamu bentar, dia ngeluh karena merasa udah capek kerja. Atau misal ibunya nyalahin kamu cara didik anak, dia gak belain atau parahnya ikut nyalahin kamu. Stress gak kira-kira?”
Lanjut ibunya lagi: “Pernikahan itu gak main-main, Kak. Penting untuk cari yang bisa diajak kerja sama dan mau dengerin kamu. Nyari suami itu gampang. Nyari temen hidup yang susah. Tapi sekalinya udah nemuin, pasti bahagia.”
Bahagia kapan saja bisa di ciptakan. Melihat kamu tertawa saja sudah termasuk bahagia.
“Kak ibu sayang banget sama kamu, tapi kamu nanti juga ada yang menyayangi mu selain ibu.”
“Gak kok, kakak tetep masih sayang sama ibu.” jawab kakak.
“Iya kak ibu tau itu kewajiban seorang anak harus menyayangi ibunya, tapi nanti kamu juga punya tanggung jawab kepada suamimu.” jawab ibu.

Cr Larasati Gumilang K.

Jalan Rawasalak No.45 Rt 02/ Rw 011, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang.

Kamu adalah wanita terhebatku

Published, Senin 7 Oktober 2019, Aliifkmp

Untukmu wanitaku, semoga kau selalu baik-baik saja. Kakimu akan selalu tegak berdiri. Tubuhmu selalu dalam dekapannya. Tanganmu seakan dalam genggamannya. Langkahmu selalu dalam doanya. Pulangnya akan menjadi alasan untuk kembali. Jadikan seperti rumah yang begitu nyaman. Banyak yang begitu cantik dan begitu pula yang kaya tapi tak akan sepertimu. Jarak yang akan selalu menjadi jeda untuk kita. Disini biarkan diri ini berdamai dengan kekhawatirannya terhadapmu. Karena segala ragu akan selalu ada. Dipikirinmu hanya akan di kelilingi praduga dan menduga. Tak akan ada wanita yang rela melihat lelakinya melihat wanita lain selain dirinya dengan tatapan berbeda. Hanya harapan yang begitu untuk bisa membersamaimu sisanya hanya proses yang akan kita jalani. Tak perlu dengan orang lain untuk mendengarkan. Waktu yang selalu mengajarkan ku untuk belajar bersabar. Untuk menanti dimana aku akan menanyakan siapkah kamu menjadi teman hidupku. Menemukanmu adalah waktu yang tepat ketika semua terasa berbeda. Berbicara tentang hari ini denganmu mungkin akan selalu ku dengarkan setelah sepulang kerjaku. Akan menjadi pendongeng yang di dengarkan anak kecil. Jangan pernah bosan dengannya yang tidak ada apa-apanya.

Jalan Bkr No 52, Pasirlayu, Regol, Bandung.